Keindahan Wisata Pantai Pasir Kunig

Pantai pasir kuning terletak di Desa Air Lintang, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat kurang lebih 70 Km dari Kota Pangkalpinang atau lebih kurang 108 km dari kota muntok, Pantai Pasir Kuning sangat unik karena pasirnya berwarna kuning keemasan, landai dan ombak yang tenang, Untuk mencapai obyek wisata pantai Bangka ini tidaklah sulit karena letaknya juga dekat dengan pusat kegiatan ekonomi masyarakat Tempilang. Selain itu, jalan-jalan yang menghubungkan ke pantai itu juga sudah beraspal. Dengan pemandangan bebatuan yang indah terletak disudut pantai, kita dapat menikmati panorama alam yang indah mempesona. Pemandangan di pantai pasir kuning ini juga cukup menawan. Pesona matahari terbit “Sunrise” dan matahari terbenam “Sunset” bisa anda nikmati di obyek wisata pantai pasir kuning ini karena pantai ini memiliki dua sisi. Satu menghadap ke barat, satunya lagi menghadap ke timur.

Acara ini sangat ditunggu-tunggu oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Mereka tumpah ruah untuk menyaksikan acara ini. Masyarakat desa setempat pun menyediakan banyak sekali makanan untuk disediakan bagi siapa saja yang datang ke sana.
Berdasarkan informasi masyarakat setempat bahwa tradisi Perang Ketupat ini tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan pertama kali dimulai. Ada yang mengatakan kalua tradisi ini sudah ada ketika Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883 dan ada pula yang mengatakan tradisi Perang Ketupat ini telah dilaksanakan sejak zaman penjajahan Portugis.

No comments:

Post a Comment